Spesifikasi Gahar, Intip Fitur-Fitur yang Ada di Poco F2 Pro

Di masa sekarang, brand-brand smartphone selalu berusaha meningkatkan inovasi teknologi yang dapat disematkan pada produknya. Salah satu brand smartphone yang dikenal gencar berinovasi adalah Xiaomi. Produsen smartphone asal China ini dikenal karena kemampuannya memproduksi smartphone dalam berbagai segmen sekaligus, mulai dari entry-level hingga flagship.

Adapun, salah satu produk smartphone yang merupakan hasil inovasi dari Xiaomi adalah Poco F2 Pro. Produk terbaru dari Xiaomi yang satu ini, mungkin bisa menjadi pilihan kamu. Pabrikan ponsel asal China itu, secara resmi meluncurkan Poco F2 Pro, yang digadang-gadang sebagai “pembunuh” smartohone unggulan atau bisa disebut juga flagship killer pada tahun 2020 lalu.

Sebagai catatan, Poco memiliki nama sebelumnya yakni Pocophone. Nama tersebut merupakan sub-jenama dari Xiaomi, khusus untuk smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau. Sub-jenama ini pertama kali, meluncurkan produknya pada tahun 2018, yaitu Pocophone F1.

Setelah meluncurkan produk tersebut, akhirnya sub-jenama ini sempat vakum hingga akhirnya memulai terobosan baru, dengan meluncurkan Poco F2 Pro, pada Mei 2020 lalu. Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, mengatakan Poco F2 Pro dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para pengguna ponsel. Hal ini dilakukan seiring mengikuti perkembangan teknologi terkini atau sekedar gemar bermain game.

“Kami menghadirkan Poco untuk mereka yang fokus pada performa dan tidak berkompromi terhadap hal itu. Sementara dari sisi harga, kami menawarkan yang terbaik,” tuturnya dalam acara peluncuran virtual di Indonesia untuk Poco F2 Pro pada bulan Juli 2020.

Sebagai informasi, Poco F2 Pro tersedia dalam tiga opsi warna, yakni Cyber Gray, Electric Purple, dan Neon Blue. Selain itu, ada pilihan varian RAM dan ROM yang dapat dipilih pada Poco F2 Pro, yaitu RAM 6 GB/ ROM 128 GB dan RAM 8 GB/ROM 256 GB.

Lebih lanjut, Alvin mengklaim bahwa Poco F2 Pro mampu memberikan pengalaman terbaik bermain game lewat haptic feedback yang realistis dari motor linear z-axis termutakhir. Perlu dicatat, smartphone ini juga sudah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland High Gaming Performance.

Alvin pun menjelaskan bahwa Poco F2 Pro hadir dengan teknologi LiquidCool 2.0 untuk menjaga suhu perangkat agar tetap dingin dan mampu mempertahankan kinerja puncaknya dengan beban aktivitas yang berat. Teknologi tersebut dilengkapi dengan Super Vapor Chamber dan sensor panas di 10 titik.

“Super Vapor Chamber menyebarkan panas ke semua arah. Pendinginan menjadi sangat cepat,” tegasnya.

Desainnya yang hampir setara dengan flagship masa kini, serta tampilan warna cerah, yang membuat Poco F2 Pro terlihat semakin menarik. Apalagi, dibekali dengan layar OLED full screen lengkap beserta mekanisme kamera pop-up yang semakin jarang ditemui saat ini.

Adapun, performa yang ditawarkan pun tidak main-main, Poco F2 Pro tetap menggunakan chipset Snapdragon 865 dan sudah mendukung 5G. Seolah tidak ada lagi hal mayor yang dikorbankan pada ponsel ini.

Lantas, apakah Poco F2 Pro bisa dinilai jauh lebih sempurna dari pendahulunya? Berikut ulasan detailnya mengenai Poco F2 Pro, smartphone flagship terjangkau dari Xiaomi di tahun 2020!

  1. Desain Mewah Poco F2 Pro

Jika pendahulunya, Pocophone F1 dibuat seolah asal performanya kencang, dengan bodi plastik yang kurang menarik, lain halnya dengan Poco F2 Pro. Smartphone ini langsung terasa premium sejak pertama kali kamu menggenggamnya.

Meski terasa berat, namun kamu bisa merasakan kesan yang kokoh dan tangguh dari smartphone ini. Lalu, mengapa ya, Poco F2 Pro ini, memiliki bobot yang mencapai berat sekitar 219 gram? Alasannya, sebab tidak lagi menggunakan material plastik polikarbonat, baik bagian depan dan belakang.

Kali ini, Poco F2 Pro terbuat dari kaca berlapis Gorilla Glass 5, dengan frame metal di sekelilingnya. Bagian depannya pun benar-benar hanya ada layar penuh tanpa interupsi, sementara modul kamera belakangnya dibuat sirkular dengan kesan huruf “X” di dalamnya.

Tombol volume dan power yang memiliki aksen warna merah terletak di sebelah kanan bodi, terasa presisi ketika ditekan. Di bagian bawah terdapat slot dual SIM, port USB-C, mikrofon serta mono speaker.

Sedangkan untuk bagian atasnya cukup penuh dengan beberapa komponen seperti, mikrofon, jack audio 3,5mm dan juga mekanisme kamera pop-up yang bersebelahan dengan sensor inframerah. LED notifikasinya sendiri diletakkan di bagian atas kamera pop-upnya loh.

Dengan desain yang diusung Poco F2 Pro, kamu nggak tidak akan merasa rugi, karena sudah mengeluarkan kocek yang hampir setara dengan flagship brand lainnya. Tidak termasuk bagian yang dikorbankan, smartphone ini terlihat dan terasa seperti flagship premium.

  1. Layar Besar Poco F2 Pro

Layar yang dimiliki oleh Poco F2 Pro, benar-benar membuat kamu semakin dimanja. Layar yang begitu full dan besar tanpa gangguan notch maupun kamera poni atau punch-hole. Serta dimensinya yang besar sekitar 6,67 inci dengan resolusi full HD+ dan panel AMOLED.

Namun kamu tidak perlu khawatir, kombinasi keempat bezel yang tipis serta perbandingan rasio 20:9, membuat smartphone ini tidak terlalu lebar. Jadi kamu masih bisa merasakan kenyamanan serta kerampingan dari Poco F2 Pro, ketika digenggam dengan satu tangan.

Tingkat kecerahannya pun mencapai 800 nits, meskipun kamu menggunakannya pada kondisi cahaya matahari yang terik. Layar ini juga sudah mendukung konten HDR10+, touch sampling rate 180Hz serta standar warna gamut DCI-P3. Bahkan, Poco F2 Pro memberikan kustomisasi layar yang mendalam sampai slider bar untuk masing-masing warna RGB.

Kira-kira apa yang kurang? Yang pertama, Poco F2 Pro hanya punya refresh rate konvensional di 60Hz. Mungkin ini subyektif, namun jauh lebih baik jika layar 60Hz dipadukan dengan panel AMOLED yang akurat. Ketimbang 120Hz namun masih gunakan panel IPS.

Kontras serta saturasi warnanya, membuat kamu semakin nyaman untuk streaming Netflix HD. Juga hadir fitur always-on display dengan efek cahaya pendar elegan tiap kali ada notifikasi masuk.

Kekurangan kedua terdapat pada sensor sidik jarinya. Dibenamkan di dalam layar, sensor milik Poco F2 Pro bukan yang tercepat. Jika dibandingkan dengan Note 10, F2 Pro masih bisa dibilang rendah tingkat akurasinya. Terkadang butuh waktu sampai satu detik, yang mungkin masih terdengar singkat, namun smartphone lain sekelasnya terasa signifikan lebih cepat.

  1. Quad Camera Poco F2 Pro

Poco F2 Pro punya empat sensor kamera utama yang disusun persegi di dalam frame sirkular. Sensor utamanya punya resolusi 64MP f/1.89, dengan sensor Sony IMX686 tanpa OIS. Selain itu, ada sensor 13MP ultra wide-angle f/2.4, 2MP f/2.4 depth sensor, dan sebuah sensor 5MP f/2.2 telemacro (3-7cm).

Fiturnya juga tentu dibuat banyak, mulai dari peningkatan AI otomatis, Pro mode dengan fitur focus peaking, Night mode 2.0 dan lainnya. Sedikit kekurangan terletak pada bagaimana kita berpindah dari satu sensor ke lainnya.

Kamu harus menggunakan tombol di viewfinder, tak bisa langsung digeser ke kiri maupun kanan. Digital zoom pun juga harus dilakukan dengan gestur dua jari, yang mana cukup merepotkan ketika sedang berlangsung.

Tentu, jika dibandingkan dengan Mi Note 10 yang menjadi smartphone flagship camera Xiaomi, hasil foto Poco F2 Pro masih akan kalah bersaing. Namun juga tidak mengecewakan, kok. Hasil foto dari sensor utamanya cukup baik di segala kondisi.

Warna yang dihasilkan tidak berlebihan dan mendekati kondisi asli. Ketika berganti ke sensor ultra-wide, selain detail objek yang berkurang, dynamic range juga akan menjadi lebih terbatas. Sementara sensor telemacro-nya menarik perhatian.

Ketika kamu berusaha mengambil foto objek yang jaraknya dekat menggunakan Poco F2 Pro lebih mudah. Pembesaran digitalnya mencapai 10x zoom, namun untuk hasil yang masih layak dibagikan ke media sosial, setidaknya kamu bisa membatas zoom hingga 5x batas maksimumnya.

Dalam kondisi kurang cahaya, pastikan tangan tetap stabil ketika menggegam. Mengingat smartphone ini tak dilengkapi dengan sistem OIS. Sementara mode malamnya bukan yang terbaik, atau mampu berikan tampilan foto lebih terang, namun tak banyak detail yang bisa ditingkatkan lewat mode ini.

Tapi secara keseluruhan, masih bisa disejajarkan dengan smartphone lain di kelasnya yang juga menggunakan chipset kencang. Proses pengambilan fokus tidak ada masalah, dan proses pengambilan foto dengan HDR maupun mode malam terjadi relatif cepat berkat Snapdragon 865.

Sedangkan untuk video, Poco F2 Pro sanggup merekam hingga resolusi 8K 30fps, 4K 60fps sampai slow-motion 960fps. Fitur EIS bekerja sampai 4K 30fps, namun untuk mode Steady video, hanya bisa maksimal 1080p 30fps.

Mode profesional untuk perekaman video serta Vlog mode juga hadir. Pengguna tinggal merekam-rekam beberapa video pendek, dan smartphone akan mengolahnya dengan filter dan efek menarik lewat bantuan AI.

  1. Fitur Terbaru Poco F2 Pro

Poco F2 Pro akhirnya resmi mendapatkan pembaruan untuk versi Android 11. Pembaruan ini merupakan lanjutan dari janji Xiaomi, induk perusahaannya, untuk meluncurkan versi Android 11 pada smartphone tersebut.

Perlu diketahui, pembaruan Android 11 ini masih diluncurkan pada beberapa pengguna di wilayah tertentu. Mereka menerima pembaruan yang punya versi perangkat lunak V12.2.1.0.RJKMIXM dengan patch sebesar 2,8GB untuk diunduh.

Pembaruan ini berisi beberapa fitur baru, patch keamanan, dan patch peningkatan. Untuk fitur baru, Poco F2 Pro mendapat pembaruan seperti Chat Bubble, Power Menu baru, Internal Audio Recording, Smart Reply, interactive Media controls, Improved Security, dan beberapa fitur lainnya.

Kemudian pembaruan juga diunggulkan dengan fitur penting dalam MIUI 12, seperti animasi baru, intuitif UI, penyesuaian, dan wallpaper MIUI 12. Ada juga perubahan dalam fitur kamera seperti tiga watermark AI baru, template baru untuk vlog, dan hasil vlog juga bisa disimpan sebagai draf.

Beberapa template dan preset vlog tersebut, kini sudah tersedia di cloud MIUI. Pembaruan ini diperkirakan masih mencakup pengguna di wilayah Asia. Untuk pembaruan secara global diperkirakan akan dilakukan secepatnya.

Fitur penunjang lainnya dari Poco F2 Pro adalah Super Bluetooth yang mampu menjangkau sampai dengan 400 meter, Wi-Fi 6 yang kecepatannya mencapai 9,6 Gbps, infrared blaster, dan NFC.

Terdapat pula pemindai sidik jari yang tertanam di layar bagian bawah untuk membuka kunci perangkat. Baterai Poco F2 Pro memiliki kapasitas 4.700 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat berdaya 30W.

Perlu kamu tahu, Poco F2 Pro saat ini dibanderol di kisaran harga 6 jutaan Rupiah untuk kedua variannya, yaitu 6 GB/128 GB serta 8 GB/256 GB. Jadi, apakah kamu tertarik memiliki Poco F2 Pro?

Latest news

Polisi Cek Kejiwaan Pria yang Hendak Tusuk Imam Masjid di Depok

BerandaDepok.com - Polisi mengamankan pria bernama Ismail atas dugaan percobaan penusukan kepada imam masjid bernama Prinadi (60) di daerah Cimanggis, Depok. Polisi akan membawa Ismail ke...

Spesifikasi Gahar, Intip Fitur-Fitur yang Ada di Poco F2 Pro

Di masa sekarang, brand-brand smartphone selalu berusaha meningkatkan inovasi teknologi yang dapat disematkan pada produknya. Salah satu brand smartphone yang dikenal gencar berinovasi adalah...

Kurikulum SMK Dirombak, Berikut ini Lima Aspeknya yang Perlu Anda Tahu

BerandaDepok.com - Ada penyesuaian untuk Kurikukum SMK oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal tersebut dilakukan dalam rangka...

Perbedaan Rapid Test Antigen dan Rapid Test Antibodi

Beranda Depok - Di masa pandemi Covid-19 yang masih belum usai ini, terdapat beberapa langkah yang diambil pemerintah untuk tetap menjaga kondusifitas, keamanan serta...

Related news

Polisi Cek Kejiwaan Pria yang Hendak Tusuk Imam Masjid di Depok

BerandaDepok.com - Polisi mengamankan pria bernama Ismail atas dugaan percobaan penusukan kepada imam masjid bernama Prinadi (60) di daerah Cimanggis, Depok. Polisi akan membawa Ismail ke...

Spesifikasi Gahar, Intip Fitur-Fitur yang Ada di Poco F2 Pro

Di masa sekarang, brand-brand smartphone selalu berusaha meningkatkan inovasi teknologi yang dapat disematkan pada produknya. Salah satu brand smartphone yang dikenal gencar berinovasi adalah...

Kurikulum SMK Dirombak, Berikut ini Lima Aspeknya yang Perlu Anda Tahu

BerandaDepok.com - Ada penyesuaian untuk Kurikukum SMK oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal tersebut dilakukan dalam rangka...

Perbedaan Rapid Test Antigen dan Rapid Test Antibodi

Beranda Depok - Di masa pandemi Covid-19 yang masih belum usai ini, terdapat beberapa langkah yang diambil pemerintah untuk tetap menjaga kondusifitas, keamanan serta...